Tuesday, September 30, 2014

Sekedar pencerahan

Sebagai manusia yang punya hati, kita kadang dihadapkan pada perasaan tidak berharga. Rasa ini bisa muncul karena berbagai hal. Ia bisa disebabkan oleh kegagalan, atau ketika kita merasa gak punya apa-apa. Itu semua bisa membuat kita merana. Nah, biar bangkit dari perasaan gak berguna, ada beberapa hal yang patut kita genggam dalam semangat sebagai berikut :

1. Ingatlah Bahwa Takdir yang Kita Miliki Tidak Layak Dibandingkan
Terlepas dari apa yang dimiliki, kita semua adalah manusia yang sudah memiliki garis hidupnya masing-masing. Tidak adil rasanya jika hanya membandingkan hasil yang didapat, tanpa pernah tahu proses macam apa yang dilalui dibaliknya. Membandingkan takdir kita dengan jalan hidup orang lain hanya akan memperdalam rasa kecewa dan ketidakpuasan.

2. Kegagalan Justru Jadi Bukti Bahwa Kita Sudah Berani Mencoba
Kegagalan adalah bukti bahwa kita sudah berani mencoba berbuat sesuatu. Saat sedang dihadapkan pada kegagalan, cobalah yakinkan diri sendiri bahwa tidak berhasilnya diri kita saat ini justru akan membuka pintu kesempatan yang lain. Alih-alih merasa terpuruk, kita harus merasa bangga karena kini gagal. Kalau gak pernah gagal artinya kita juga gak pernah mencoba apapun dalam hidup.

3. Ketakutan Itu Kadang Cuma Ada Di Pikiran kita Saja
Pikiran kita terkadang bisa sangat menipu, terlebih pikiran-pikiran yang negatif. Seringkali, apa yang kita cemaskan itu sebenarnya gak nyata; semua cuma ada di pikiran kita saja. Daripada menghabiskan energi untuk memikirkan hal negatif yang belum tentu nyata adanya, kenapa kita tidak melawan ketakutan dan memberanikan diri menghadapi kenyataan.

4. Tanpa Disadari, Kita Sudah Memiliki Lebih Dari Apa yang Kita Butuhkan
Belajarlah bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. Ketika kita merasa orang lain mempunyai apa yang gak kita miliki, kenapa gak berpikir bahwa kita memiliki apa yang gak dimiliki orang lain. Saat kita mengeluh pekerjaan kita membosankan, ingatlah di luar sana ada orang yang rela menukarkan apapun agar bisa memiliki profesi yang sedang kita lakoni. Waktu kita merasa pencapaian kita kurang memuaskan, ingatlah orang-orang yang bahkan belum tahu apa yang harus ia capai dalam hidup.
Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan, percayalah bahwa Tuhan sudah menyediakan segala yang kita butuhkan. Yang perlu kita lakukan adalah menyadari dan mensyukurinya.

5. Hanya Berfokus Pada Kekurangan Sama Saja Dengan Membunuh Diri kita Pelan-Pelan
Kebanyakan orang yang merasa dirinya gagal dan gak berguna itu melupakan satu hal yang penting : kita juga punya banyak kelebihan. Tuhan telah menciptakan manusia secara unik dengan talentanya masing-masing. Ketika kita merasa gak berguna karena gagal melakukan sesuatu, percayalah masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan dengan baik.

6. Kita Hidup Saat Ini, Bukan Kemarin Atau Nanti
Ketika kita merasa terpuruk karena hal-hal yang kita lakukan di masa lalu, atau karena kita merasa takut dengan masa depan, ingatlah satu hal : kita hidup pada saat ini. Masa lalu adalah bab yang gak bisa kita ubah lagi, betapapun besar kita menyesalinya. Sementara, masa depan adalah misteri; ia gak akan bisa menjadi lebih baik kalo kita gak berubah. Satu hal yang harus kita lakukan untuk menyongsong anak tangga kehidupan selanjutnya adalah menerima keadaan sekarang. Berdamailah dengan diri kita, dan syukuri apa yang ada pada diri kita. Dengan begitu, barulah perjalanan kita ke depan bisa lebih tentram, memuaskan, dan bermanfaat.

7. Sekuat Apapun Berusaha, Ada Hal-Hal yang Memang Tidak Bisa Kita Ubah
Masalah dan cobaan yang datang pada kita punya tujuan untuk mengubah menjadi pribadi yang lebih baik. Kita bisa mengendalikan bagaimana cara kita bertindak menghadapi suatu masalah. Kita bisa mengendalikan diri untuk memulai kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadikan orang yang lebih baik. Tetapi kita juga harus menyadari bahwa ada hal-hal yang memang tidak bisa diubah. Masa lalu contohnya. Masa lalu memang jadi hal yang harus diterima. Ia sudah lewat, tapi kita bisa mengubah diri saat ini untuk mejadikan hari esok lebih baik.

8. Yakinilah Bahwa Setiap Keberadaan Selalu Mempunyai Makna
Lalat punya peran sebagai pengurai benda-benda organik yang membusuk. Kumbang bermanfaat untuk membantu penyerbukan pada bunga. Bahkan, debu pun memiliki peran untuk menurunkan titik hujan. Sebagai manusia, hidup kita pun punya tujuannya sendiri. Jangan pernah merasa bahwa kita itu gak punya makna, karena menjadi bermakna itu bisa datang dengan berbagai cara.

9. Kita Bukanlah Orang yang Paling Merana. Masih Ada Kebaikan yang Bisa Kita Sebarkan Pada Sesama
Saat kita merasa gak berguna, sadarilah bahwa masih banyak orang yang gak seberuntung diri kita. Mereka sedang berjuang dengan cara masing-masing. Makanya, saat kita merasa kekurangan cinta, bagikanlah kebaikan. Dengan memberi, kita akan sadar bahwa sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita syukuri dari dirimu. Ucapan terima kasih dan senyum tulus dari orang-orang yang kita bantu akan membuka mata : sebenarnya kita gak pernah kekurangan cinta.

10. Ketahuilan Bahwa Kita Adalah Insan yang Luar Biasa
Ya, ini bukanlah perkataan yang mengada-ada. Kita memang pribadi yang luar biasa dengan talenta dan keunikannya sendiri. Jadi, ingatlah sembila poin di atas dan jangan sia-siakan diri kita untuk meratapi kegagalan dan kekurangan. Kita bisa bangkit dengan kaki sendiri, melakukan banyak hal dengan kelebihan yang kita punyai, dan menjadi lebih positif dengan kebaikan yang kita sebarkan. Kita itu istimewa.

Diambil dari Mirza Wibisono

No comments: